Reni Permata Asrini Yudith Asyerem Yogik Setia Anggreini Fajihan N Lasadja

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan merupakan kepuasan pasien sepenuhnya. Garda terdepan sebuah rumah sakit salah satunya adalah Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang memberikan pertolongan kegawatdaruratan kepada setiap pasien tanpa terkecuali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Kualitas Pelayanan Tenaga Medis Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Kepuasan Pasien. Penelitian ini kuantitatif dengan desain cross sectional study dengan melibatkan 91 responden. Pengambilan sampel dengan cara accidental sampling menggunakan kuesioner. Uji yang digunakan adalah uji Korelasi Spearman. Hasil uji statistik ada hubungan dimensi bukti fisik (Tangible), daya tanggap (Responsiveness), kehandalan (Reliability), jaminan (Assurance), empati (Emphaty) pelayanan tenaga medis pada Instalasi Gawat darurat (IGD) dengan kepuasan pasien dengan nilai ρ (0,000) ρ < (0,05), untuk dimensi empati (Emphaty) mendapatkan nilai ρ (0,0021) ρ < (0,05). Disimpulkan bahwa seluruh dimensi pelayanan tenaga medis di IGD berhubungan secara signifikan dengan kepuasan pasien. Rumah sakit disarankan meningkatkan responsivitas, empati, dan kualitas sarana prasarana di IGD.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, IGD

References
Adhikary, G., Shawon, M. S. R., Ali, M. W., Shamsuzzaman, M., Ahmed, S., Shackelford, K. A., & Uddin, M. J. 2018. Factors Influencing Patients’ Satisfaction At Different Levels Of Health Facilities In Bangladesh: Results from patient exit interviews. PloS one, 13(5), e0196643.

Akhirul, T., & Fitriana, N. F. 2020. Hubungan Rensponse Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Brata, B. S., Sriyono, G. H., & Yunita, R. 2023. Hubungan Kompetensi dengan Kinerja Perawat IGD dalam Melaksanakan Triase. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 2(10), 191-201.

Fabanyo, R. A. (2022) Ilmu Keperawatan Komunitas. Pekalongan: Penerbit NEM. Available at: https://books.google.co.id/books?id=OyiGEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.

Gultom, R. J., Nababan, D., Sipayung, R., Hakim, L., & Tarigan, F. L. 2022. Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Tebing Tinggi. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1281-1298.

Ilham, M. 2023. Hubungan Respons Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan. Health And Science Journal Muhammadiyah (HSJM), 1(1), 1-20.

Kurniawan, I., Hartono, B., Lita, L., & Yunita, J. 2022. Analisis Implementasi Total Quality Mangement dalam Pelayanan IGD RSUD Kota Dumai. Jurnal Kesehatan Komunitas, 8(3), 481-488.

Lahaji, L. C., Wowor, R. E., & Korompis, G. E. 2020. Hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(2), 001-005.

Manurung, N. A., Nababan, D., & Sembiring, R. 2022. Analisis Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat (Rumah Sakit Putri Hijau Kesdam I/BB Medan Tahun 2019). Excellent Midwifery Journal, 5(2), 53-66.

Nurhasma, A. S. R. R., Rijal, A., & Syamsul Azis, R. 2021. Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RSUP dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 90-100.

Nurhidayah, S., & Setyawan, D. 2019. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 11(2), 42-48.

Putra, H. A. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Rajawali Citra 2022. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 7(2), 183-190.

Rochana, N., & Djogotuga, N. N. 2020. Kepuasan Pasien Stagnan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Kupang. Holistic Nursing and Health Science, 3(2), 12-20.

Sari, T. P. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit X. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(1), 53-59.

Yunita, S. Irhamuddin. 2019. Hubungan Respon Time Yang Diberikan Perawat Instalasi Gawat Darurat Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Tembakau Deli Medika Deli
Serdang Tahun 2018. Jurnal Maternitas Kebidanan, 4(1), 56-65

Wati, A. L., Muhardi, M., & Nu’man, H. 2022. Penerapan Lean Hospital pada Pelayanan Unit Gawat Darurat di RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta. Jurnal Sosial dan Teknologi, 2(4), 313-329
How to Cite
Reni Permata, Asyerem, A. Y., Setia Anggreini, Y., & Lasadja, F. N. (2025). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TENAGA MEDIS INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) DENGAN KEPUASAN PASIEN. Nursing Arts, 19(1), 68–77. https://doi.org/10.36741/na.v19i1.105
Section
Articles