HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU DAN PROKRASTINASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER V
Abstract
Manajemen waktu yang buruk juga sejalan dengan prokrastinasi yang dikarenakan tidak adanya penyusunan prioritas yang baik untuk kegiatan yang harus dilakukan yang dapat memepengaruhi indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan manajemen waktu dan prokrastinasi terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) pada mahasiswa semester V. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan menggunakan pendekatan studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa keperawatan semester V di Universitas Widya Nusantara sebanyak 220 orang dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 69 responden, dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling. Analisis menggunakan uji statistisk Chi-Square Test. Hasil uji statistisk chi-square manajemen waktu terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) menunjukan nilai p=0,360 (p>0,05) dan prokrastinasi terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) menunjukan nilai p=0,279 (p>0,05). Kesimpulan tidak ada hubungan manajemen waktu dan prokrastinasi terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) pada mahasiswa keperawatan semester V.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Manajemen Waktu, Prokrastinasi, Indeks Prestasi Kumulatif
Astuti, E. R., & Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), 222–228.
Dinata, K. A. C., & Nurcahyo, F. A. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 619–628.
Efendi, H. (2017). Hubungan Keaktifan Berorganisasi dengan Tingkat Manajemen Waktu dan Indeks Prestasi Kumulatif pada Mahasiswa Angkatan Tahun 2013 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medical Profession Journal of Lampung.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (Cetakan ke). Rajawali Pers.
Jauhar, S., Mutmainnah, N., Muin, A., & Mujahidah. (2022). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3), 344–350.
Nurlaila, N., & Rigianti, H. A. (2024). Hubungan Manajemen Waktu Belajar Dengan Prestasi Belajar Menuju Era Society 5.0. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 20(1), 170–184.
Prayitno, S. R., Khusna, N. A. U., & Aini, D. K. (2024). Analisis Penyebab Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Psycho Aksara Jurnal Psikologi, 2(2), 95–101.
Raka, I. M., Mustamu, A. C., Fabanyo, R. A., Djamanmona, R. F., & Anggreini, Y. S. (2023). Exploring the Relationship between Mental Well-being and Attendance among Nursing Students : Findings and Recommendations for Enhancing Student Mental Health and Engagement. Journal for Re Attach Therapy and Developmental Diversities, 6(6s), 457–467. https://jrtdd.com/index.php/journal/article/view/739
Sera, L. (2020). Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik dada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Repository Of UIN Ar-Raniry.
Setiawati, A., Maryana, & Permatasari, I. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(1), 121–130.
Sofiyanti, C., Rakhmawati, D., & Ismah. (2023). Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMA Teuku Umar Semarang. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 70–82.
Sunarya, P. A., Ladjamuddin, A.-B. bin, & Dewanto, I. J. (2017). Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi DIII Komputerisasi Akuntansi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 3(2), 115–121.
Yuhan, R. S., & Yamleam, M. (2021). Hubungan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 1–8.
Zega, Y. X. G. H., & Kurniawati, G. E. (2022). Pentingnya Manajemen Waktu bagi Mahasiswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Metanoia, 4(1), 58–70.