Helmi Yuliana Ahmil Ismunandar Wahyu Kindang

Abstract

Stres akademik pada mahasiswa muncul akibat kendala pembelajaran yang mengganggu perencanaan, pelaksanaan, dan pencapaian hasil optimal. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa stres akademik dipengaruhi oleh Self-efficacy dan Social Support. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan Self-efficacy dan Social Support terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat 2 Keperawatan Universitas Widya Nusantara. Metode yang digunakan desain cross-sectional. Sampel terdiri dari 136 mahasiswa, ditentukan dengan rumus Slovin dan dipilih melalui proportionate stratified random sampling. Analisis chi-square menunjukkan nilai chi-square hitung (156,6962) > chi-square tabel (9,488), yang berarti terdapat hubungan signifikan antara Self-efficacy dan stres akademik. Hasil lain menunjukkan nilai chi-square hitung (126,6427) > chi-square tabel (9,488), yang mengindikasikan hubungan signifikan antara Social Support dan stres akademik. Kesimpulannya, terdapat hubungan antara Self-efficacy dan Social Support dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat 2 Keperawatan. Mahasiswa disarankan meningkatkan Self-efficacy dan Social Support Dengan membangun kepercayaan diri, berinteraksi secara sosial, dan mengelola waktu secara efektif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords

Self-efficacy, Social Support, Stress Akademik

References
Aisah, N. (2023). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Stres Akademik Pada Mahsiswa pendidikan Kimia Selama pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi.

Al-Shahrani, Alasmri, Al-Moalwi, Qahtani, A., & Siddiqui. (2023). The Prevalence and Associated Factors of Academic Stress among Medical Students of King Khalid University: An Analytical Cross-Sectional Study. Healthcare (Basel)., 14;11((14)).

Arum, R. P., & Wibawanti, I. (2023). Hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di Fakultas Psikologi UPI YAI. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 3(1), 73–84.

Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudi, 1(1), 33–34. https://doi.org/10.4000/adlfi.2398

Fernandes, F., Ananda, Y., & Rahmili, F. T. (2023). Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Mahasiswa Tahun Awal di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), 226. https://doi.org/10.33757/jik.v7i2.603

Jeong, E., Ferguson, C., & Lee, S. (2019). Pathological gaming in young adolescents: A longitudinal study focused on academic stress and self-control in South Korea. Journal of Youth and Adolescence, 48, 2333–2342.

Juniasi, A. F., & Huwae, A. (2023). Problematika Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama: Bagaimana Keterhubungannya Dengan Konsep Diri? Journal of Behaviour and Mental Health, 4(1), 49–65. https://doi.org/10.30984/jiva.v4i1.2530

Maulana, M. I., & Rini Lestari. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Masa New Normal. Doctoral Dissertation Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–14.

Nurhaliza, S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Stres Akademik Siswa kelas XI MAN 1 Medan dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling.

Putri, E. R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Stress Akademik Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi, 139.

Raka, I. M., Mustamu, A. C., Fabanyo, R. A., Djamanmona, R. F., & Anggreini, Y. S. (2023). Exploring the Relationship between Mental Well-being and Attendance among Nursing Students : Findings and Recommendations for Enhancing Student Mental Health and Engagement. Journal for Re Attach Therapy and Developmental Diversities, 6(6s), 457–467. https://jrtdd.com/index.php/journal/article/view/739

Renwarin, M., Saija, A., & Huwae, L. (2022). Hubungan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Molucca Medica, 15(2), 118–131. https://doi.org/10.30598/molmed.2022.v15.i2.118

Saputri, K. A., & Sugiharto, D. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Social Support Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir Penyusun Skripsi Di FIP UNNES Tahun 2019. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(9). https://doi.org/10.2224/sbp.2013.41.9.1519

Wahyuningtiyas, E. P., Fasikhah, S. S., & Amalia, S. (2019). Hubungan Manajemen Stres Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1). https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105006

Yorri Didit Setyadi, Dwi Wulandari, Lutfi Dwi Lestari, Wa Ode Meliasari, & Ifit Novita Sari. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542–1543. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592

Yuda, M. P., Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2023). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Pinang Masak Nursing Journal, 2(1), 38–42.

Yuhbaba, Z. N., Budiman, M. E. A., Sya’id, A., & Kirana, A. P. (2024). Dukungan Sosial dengan Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(1), 8–17.
How to Cite
Yuliana, H., Ahmil, & Kindang, I. W. (2025). HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT 2 KEPERAWATAN. Nursing Arts, 19(1), 29–38. https://doi.org/10.36741/na.v19i1.80
Section
Articles