Rizqi Alvian Fabanyo Yogik Setia Anggreini

Abstract

Posyandu adalah layanan bulanan untuk memantau tumbuh kembang balita dan memberikan pelayanan dasar. Rendahnya kepatuhan kunjungan ibu balita masih menjadi kendala. Reminder Message sebagai pesan pengingat kontekstual dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kepatuhan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas Reminder Message terhadap kepatuhan kunjungan ibu balita di posyandu wilayah kerja Puskesmas Malaimsimsa kota Sorong. Desain penelitian yaitu Quasi Experiment tanpa kelompok control dengan pendekatan One group Pre - Post Test dilakukan pada 15 ibu balita di posyandu Air Terjun wilayah kerja Puskesmas Malaimsimsa kota Sorong. Hasil penelitian pre-test dan post-test menunjukkan ada peningkatan tingkat kepatuhan ibu balita ke posyandu dimana p value 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan Reminder Message efektif meningkatkan kepatuhan kunjungan ibu balita di posyandu. Reminder Message dapat digunakan untuk memberi pengingat pada ibu balita akan jadwal kunjungan posyandu anaknya serta meningkatkan kepatuhan ibu balita ke posyandu.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords

Posyandu Balita, Reminder Message, Kepatuhan Ibu

References
Destiadi, A., Susila, T., and Sumarmi, S. (2015). Frekuensi Kunjungan Posyandu dan riwayat kenikan berat badan sebagai faktor risiko kejadian stunting pada anak usia 3-5 tahun. Media Gizi Indonesia, 10 No.1, 71–75.

Diagama, W., Amir, Y., and Hasneli, Y. (2019). Hubungan Jumlah Kunjungan Posyandu Dengan Status Gizi Balita (1-5 Tahun). Jurnal Ners Indonesia, 9(2), 97. https://doi.org/10.31258/jni.9.2.97-108

Endang Susilowati. (2017). KEPATUHAN IBU BALITA BERKUNJUNG KE POSYANDU DI DESA KARANGREJO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 8, 80–88.

Fabanyo, R. A., and Abdullah, V. I. (2024). Konsep dan Prinsip Promosi Kesehatan: Pengaplikasian dalam Praktik Kebidanan. Penerbit NEM. https://www.google.co.id/books/edition/Konsep_dan_Prinsip_Promosi_Kesehatan/B1MREQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Househ, M. (2016). The role of short messaging service in supporting the delivery of healthcare: An umbrella systematic review. Health Informatics Journal, 22(2), 140–150. https://doi.org/10.1177/1460458214540908

Idaningsih, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Balita Ke Posyandu. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 16–29.

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2017 (Vol. 1227, Issue July). https://doi.org/10.1002/qj

Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2019. In Kementerian Kesehatan RI.

Lestari, D. D. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dan SMS Reminder Terhadap Kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet besi di wilayah kerja puskesmas pisangan tahun 2015. Jurnal Kesehatan, 1–22.

Novianti, N. (2019). EFEKTIFITAS REMINDER MESSAGE TERHADAP KEPATUHAN KUNJUNGAN IBU BALITA DI POSYANDU RW 05 DAN RW 15 MANUKAN KULON SURABAYA. Jurnal Kesehatan.

Sihotang, H. M., and Rahma, N. (2017). Faktor Penyebab Penurunan Kunjungan Bayi Di Posyandu Puskesmas Langsat Pekanbaru Tahun 2016. Jurnal Endurance, 2(2), 168. https://doi.org/10.22216/jen.v2i2.1803

Van Ryswyk, E. M., Middleton, P. F., Hague, W. M., and Crowther, C. A. (2015). Postpartum SMS reminders to women who have experienced gestational diabetes to test for Type 2 diabetes: The DIAMIND randomized trial. Diabetic Medicine, 32(10), 1368–1376. https://doi.org/10.1111/dme.12769
How to Cite
Fabanyo, R. A., & Anggreini, Y. S. (2025). EFEKTIVITAS REMINDER MESSAGE TERHADAP KEPATUHAN KUNJUNGAN IBU BALITA KE POSYANDU. Nursing Arts, 19(1), 78–86. https://doi.org/10.36741/na.v19i1.106
Section
Articles